10 Game Membuat Perahu Yang Mengasah Keterampilan Teknik Anak Laki-Laki

10 Game Bikin Perahu yang Mengasah Keren Otak Anak Cowok

Anak cowok itu biasanya asik banget kalau urusan mainin perahu-perahuan, apalagi kalau mereka ikut bikin sendiri. Gak cuma seru, tapi bikin perahu itu ternyata banyak banget manfaatnya buat ngasah otak mereka.

Berikut ini 10 daftar game bikin perahu yang asik dan bikin anak cowok makin pinter:

1. Kapal Layar dari Gabus

Yang satu ini gampang banget, cukup siapin gabus, tusuk gigi, dan kertas. Gabusnya dibentuk jadi kapal, tusuk giginya jadi layarnya, dan kertasnya sebagai layarnya. Tinggal tiup aja, si kapal langsung melaju di atas air!

2. Perahu Kerang

Mainan klasik nih, tinggal cari kerang yang bentuknya gede dan bekas tutup botol. Tusuk gigi dijadiin layarnya, terus kerangnya ditempel pakai selotip. Masukin air ke dalamnya, nanti kerang ini bakal ngapung dengan seloyolan!

3. Perahu Plastik

Pakai aja wadah plastik bekas, kayak bekas sabun mandi atau bekas selai. Beri lubang di bagian bawahnya, terus tusuk dengan tusuk gigi. Ikat tali di tusuk gigi, mastiin tali bisa ditarik buat ngontrol arah perahunya.

4. Perahu Styrofoam

Styrofoam itu bahan yang ringan banget, jadi cocok banget buat bikin perahu. Potong styrofoam jadi bentuk perahu, terus tambahin tusuk gigi buat layarnya. Keren juga kalau dihias pakai spidol warna-warni!

5. Kapal Korek Api

Ini buat yang udah agak gedean ya, karena butuh korek api yang banyak. Siapkan aja korek api, lem tembak, dan kertas. Perahunya dibikin pakai tumpukan korek api yang direkatkan, kertasnya buat layarnya.

6. Kapal Kertas Origami

Siapa sih yang gak bisa bikin kapal kertas? Tapi yang ini beda, bikinnya pakai teknik origami alias lipat kertas! Caranya bisa dicari di internet, pasti banyak tutorialnya. Tinggal lipat-lipat dan tenggelamkan, langsung ngapung kece!

7. Perahu Balon

Selain unik, yang satu ini praktis banget! Cukup tiup balon, lalu ikat tali di bagian atasnya. Terakhir, ikat perahu atau benda lain di ujung tali. Masukin balon ke dalam air, terus lepas ikatannya. Balon bakal naik ke permukaan dan ngedorong perahunya maju!

8. Perahu dari Sedotan

Ya ampun, ternyata sedotan juga bisa dibikin perahu! Caranya kayak nganyam aja, tinggal gabungin sedotan satu sama lain pakai lem atau benang. Bentuknya bisa apa aja, asal kelihatan kayak perahu.

9. Perahu Daun

Yang ini paling gampang, tinggal cari daun yang lebar dan kuat. Lipat atau bentuk daunnya jadi perahu, terus masukin ke air. Gak perlu layar, bawaannya emang adem ayem banget!

10. Perahu Botol

Mungkin ini bisa disebut perahu betulan, karena bahannya pakai botol bekas. Potong bagian bawah botol, terus kasih lubang di bagian atasnya buat layar. Botolnya dicat warna-warni, terus layarnya dikasih gambar biar keliatan makin kece.

Selain seru, bikin perahu juga bisa ngasah keterampilan teknis anak cowok. Mereka belajar tentang konsep dasar fisika, mekanik, dan keseimbangan. Mereka juga melatih kreativitas, problem solving, dan koordinasi tangan-mata mereka.

Jadi, ayo ajak anak cowok kamu buat mainin 10 game bikin perahu di atas. Selain asyik, mereka juga bakal belajar banyak hal baru yang berguna banget buat masa depan mereka. Dijamin, mereka bakal makin pinter dan keren!